Kamis, 10 November 2016 , 13:37:00 WIB

Bakamla RI: Satukan Langkah Untuk Negeri!

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-71, segenap pejabat dan staf Bakamla RI melaksanakan upacara di halaman Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2016).

Upacara yang berlangsung di lokasi kantor baru Bakamla RI tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara, Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Irjen Pol. Drs. Satria Firdaus Maseo, S.H., M.M. Seluruh rangkaian kegiatan upacara antara lain Pengibaran Sang Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, Pembacaan Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 serta pembacaan pesan-pesan Pahlawan berlangsung dengan khidmat, tertib dan sederhana.

Pesan-pesan Pahlawan yang disampaikan dalam Upacara Peringatan Hari pahlawan tersebut merupakan Kata-kata mutiara dari Bung Hatta:

"Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita. Jatuh bangunnya Negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi," Satria Firdaus Maseo membacakan amanar Menteri Sosial  Khofifah Indar Parawansa.

"Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan," kata Indar

"Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri," ujarnya.

Melalui tema yang diusung pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016, yaitu "Satukan Langkah Untuk Negeri", mengingatkan pada kita, seluruh komponen bangsa, termasuk seluruh anggota Bakamla RI untuk dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya  dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan para pahlawan bangsa seperti : Taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa, sehingga bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa "pemenang" yang mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain.[rgu]





BERITA LAINNYA