Selasa, 29 November 2016 , 15:33:00 WIB

Puluhan Ribu Warga Kuba Berikan Penghormatan Terakhir Pada Mendiang Fidel Castro







MBC. Puluhan ribu warga Kuba memberi penghormatan terakhir untuk mendiang pemimpin revolusioner Kuba Fidel Castro awal pekan ini (Senin, 28/11).

Sebagian besar di antara mereka mengenakan pakaian merah, putih dan biru yang merupakan warna dari bendera nasional mereka.

"Hidup Fidel! Kami bisa mendengarnya, kita bisa merasakan dia, dia akan selalu berada di sini," teriak sebagian massa yang berkumpul di dekat Havana Revolution Square.

Pemerintah Kuba memang mengundang masyarakat untuk datang ke alun-alun kota demi memperingati dua hari penghormatan yang ditandai dengan 21 tembakan kehormatan ke udara.

Fidel Castro, pemimpin sayap kiri yang memerintah selama setengah abad di Kuba diketahui tutup usia pada Jumat pekan lalu di usia 90 tahun. Ia meninggal satu dekade setelah mengundurkan diri dari kepemimpinan Kuba karena kesehatan yang buruk dan menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul Castro.

Castro dikagumi oleh kaum kiri dan orang-orang dari negara berkembang yang melihatnya sebagai juara revolusioner miskin. Namun di sisi lain, ada juga yang memandangnya sebagai seorang diktator yang menindas rakyat Kuba dan merusak perekonomian melalui sosialisme. [hta/rmol]





BERITA LAINNYA