HOME » PERISTIWA
PERISTIWA
Rabu, 08 Februari 2017 , 19:39:00 WIB

Sinabung Erupsi Terus, Abu Vulkanik Selimuti Karo

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Abu vulkanik dari erupsi Sinabung kembali menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hari ini, Rabu (8/2) setidaknya terjadi 3 kali erupsi yang mengeluarkan abu vulkanik hingga ketinggian 3 ribu meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo juga terus melakukan tindakan cepat dengan pembagian masker kepada warga serta melakukan penyiraman abu vulkanik yang menutupi jalan-jalan utama.

"Sekarang tim kita sedang melaksanakan pembersihan dengan penyiraman air dan pembagian masker," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, Karo‎, Natanail Peranginangin.

Sementara itu, ‎Ketua Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra menjelaskan erupsi dengan letusan semburan abu vulkanik hingga tiga kali.
‎"Teramati 3 kali letusan dengan tinggi 3000-3500 meter dan warna asap kelabu. Sedangkan, Cuaca cerah dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat. Suhu udara 18-27 °C," ‎ungkap Armen Putra.

Dengan erupsi ini, status Gunung Sinabung level IV atau awas Gunung Sinabung. Selain itu, Armen menghimbau warga Kabupaten Karo tidak melakukan aktivitas zona merah atau zona larangan dari kaki Gunung Sinabung.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur G. Sinabung," jelas Armen.

Dia menambahkan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap aktivitas Gunung api tersebut.[rgu]





BERITA LAINNYA