Senin, 20 Februari 2017 , 13:33:00 WIB

Irman Gusman Optimis Hadapi Sidang Vonis







MBC. Terdakwa kasus dugaan gratifikasi kuota gula impor provinsi Sumatera Barat, Irman Gusman optimis mendapat keadilan dalam putusan sidang yang akan dibacakan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, hari ini (Senin, 20/2).
Apalagi dalam persidangan sebelumnya ia telah mengungkap sejumlah fata yang dapat meringankan hukumannya.

Keterangan saksi dari Kepala Perum Bulog, Djarpt Kusumayakti menyebut bahwa Irmam selaku ketua DPD RI tidak memiliki wewenang untuk mempengaruhi ketentuan arah kebijakan. Fakta lainnya, Irman tidak mengetahui isi dari bingkisan yang dibawa oleh bos CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi ke rumahnya.

Pada agenda pledoi beberapa pekan lalu, Irman mengaku bahwa ia berinisiatif membantu Memi semata-mata untuk kepentingan masyarakat di daerah pemilihannya, yang langkah gula dan beberapa sembako lainnya.

Irman diketahui mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif 2014 silam. Irman dipercaya memimpin DPD RI selama tiga periode, wakil ketua (2004-2009), dan dua kali menjabat ketua (2009-2014 dan 2014-2019).

Kiprah dan pengabdian Irman Gusman kepada negara mendapatkan sejumlah gelar kehormatan dan tanda jasa dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya pada 2010, Irman mendapat anugerah kehormatan sipil tertinggi dari negara berupa Bintang Maha Putra Adipradana.[hta/rmol]





BERITA LAINNYA