HOME ยป PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
Rabu, 22 Februari 2017 , 08:33:00 WIB

Guru Bimbingan Dan Konseling Harus Mampu Kembangkan Kemampuan Siswa

Laporan: Putra





MBC. Guna meningkatkan kualitas dan Profesional guru bimbingan konseling (Bk) serta meminimalisir gerak laju para pelajar kearah yang negatif, Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMP dan MTS sekota Binjai, gelar Dialog interaktif sekaligus pengukuhan pengurus Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), Selasa (21/02).

Dialog dan pengukuhan pengurus (MGBK) sekaligus pemberian SK tersebut dilangsungkan di Pendopo Umar Baki, jalan Veteran, kelurahan Tangsi, Binjai Kota, dan diihadiri sebanyak 115 guru Bimbingan konseling (Bk) se Kota Binjai.

SK diserahkan langsung oleh Kepala dinas pendidikan kota Binjai, Drs H Janu Asmadi Lubis kepada ketua GMBK  priode 2017-2022, Eka Mutia Khairuma, M.Psi, sekretaris Megah Jelyta Sidabutar, S.Pd.Kons dan Bendahara Lumian Butar-butar, S.Pd.kons.

Ketua GMBK Eka Mutia Khairuma, M.Psi kepada wartawan mengatakan, tujuan dari dialog tersebut adalah untuk berbagi informasi dan meningkatkan kualitas para Guru.

"GMBK ini kita bentuk untuk menjadi wadah pengembangan dan pemberdayaan profesionalisme guru bimbingan dan konseling," terang Eka Mutia.

Eka Mutia Khairuma juga menjelaskan 5 program yang akan di lakukan untuk meningkatkan kwalitas dan profesionalisme guru BK, antara lain meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru bimbingan dan koseling,  memfasilitasi pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku efektif normatif dalam kehidupan sehari hari, membantu permasalahan peserta didik agar dapat mandiri, meningkatkan kerjasama dengan bebagai pihak untuk mencegah kenakalan pelajar dan bahaya narkoba, dan akan menyiapkan program bimbingan dan konseling di sekolah yang dapat rujukan bagi para guru bimbingan konseling.

Sementara itu kepala dinas pendidikan kota Binjai berharap kepada guru BK yang hadir dapat bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

"Saya berharap seluruh guru BK dan bertanggung jawab dan penuh tanggung jawab," demikian.[rgu]





BERITA LAINNYA