HOME ยป KESEHATAN
KESEHATAN
Senin, 27 Februari 2017 , 14:04:00 WIB

Persit KCK YonZipur I/DD "Sulap" Pekarangan Markas Jadi Sumber Gizi Keluarga

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Jajaran Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XVII Yon Zipur I/DD "menyulap" halaman Pos Kesehatan Terpadu mereka menjadi taman sumber gizi bagi keluarga. Pada halaman yang terletak di Markas Yon Zipur/I DD di Jalan Kapten Muslim tersebut mereka menanami berbagai tanaman mulai dari tanaman obat keluarga (Toga) tanaman hidroponik, tanaman buah dan bunga dalam pot dan berbagai tanaman hias yang dapat menjadi alterntif penghasilan secara ekonomi.

Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XVII Yon Zipur I/DD, Ny Ria Sukmara Rielman Yudha mengatakan kegiatan mereka untuk "menyulap" halaman pos kesehatan tersebut menjadi taman sumber gizi dilakukan dalam rangka ikut serta dalam lomba pos kesehatan kreatif yang digelar di Jajaran Kodam I/BB.

"Ini memang sedang diperlombakan, jadi kita membuat percontohan terbaik yang kita bisa," katanya, Senin (27/2).

Ria menjelaskan, selain untuk keikutsertaan mereka dalam perlombaan tersebut, hal ini juga sebagai salah satu bentuk sosialisasi yang mereka lakuan mengenai hidup sehat dengan gizi cukup bagi kalangan ibu-ibu persit. Ia berharap apa yang mereka lakukan tersebut menjadi motivasi bagi kalangan ibu-ibu persit khususnya di jajaran Yon Zipur I/DD untuk memanfaatkan lahan dan pekarangan yang ada sebagai tempat menanam tanaman yang bermanfaat.

"Kita ingin ibu-ibu lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan ruang dan pekarangan yang ada. Seperti disini, kita menanami dengan tanaman obat dan tanaman sayuran yang tentunya bisa menjadi sumber gizi keluarga," ujarnya.

Pantauan dilokasi, rombongan tim penilai Pos KB Kesehatan Terpadu yang terdiri dari unsur BKKBN, PNS Kesehatan Kodam I/BB siang tadi melakukan penilaian di Yon Zipur I/DD. Mereka melihat berbagai presentase layanan kesehatan yang dimiliki oleh pos kesehatan yang dimiliki Yon Zipur I/DD, termasuk langkah-langkah penyuluhan yang selalu mereka lakuan untuk meningkatkan kesehatan terutama kaum ibu-ibu persit. Kehadiran para pengurus dari Persit KCK Kodam I/BB tersebu disambut langsung oleh jajaran pengurus Persit KCK Cabang XVII Yon Zipur I/DD bersama Danyon Zipur I/DD Mayor Czi Rielman Yudha dan para perwiranya.[rgu]





BERITA LAINNYA