HOME ยป EKONOMI
EKONOMI
Kamis, 09 Maret 2017 , 15:48:00 WIB

TNI dan Dinas Pertanian Serta Bulog Melakukan Pengecekan Posko SERGAP di Aceh

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P yang di dampingi oleh Pjs.Pasi Teritorial Kapten Inf Bambang Suhartono melaksanakan peninjauan sekaligus pengecekan kesiapan Posko Serapan Gabah Petani (SERGAP) Kodim dalam rangka mengoptimalkan swasembada ketahanan pangan Nasional yang bekerja sama dengan Bulog dan Dinas pertanian Kabupaten Aceh tengah di Jln. Yos Sudarso No. 309 Blangkolak II, Kamis (09/03/17).

Untuk mensukseskan program Swasembada Ketahanan Pangan Nasional dengan adanya Posko Sergap ini Dandim 0106/Ateng-BM mengharapkan penyerapan gabah atau beras dari petani oleh Bulog bisa sesuai target yang telah di rencanakan sehingga Indonesia tidak akan kekurangan beras, bahkan diharapkan Indonesia bisa mengekspor beras serta kita berkewajiban mendorong untuk menyukseskan swasembada pangan. Sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo, Indonesia akan mengekspor beras ke lima negara tetangga.

"Maka dari itu diharapkan Indonesia akan surplus beras, caranya adalah dengan memaksimalkan produksi dan penyerapan beras dari petani," tutur Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P.

Posko Sergap ini berfungsi dan bertugas untuk mengoptimalkan penyerapan gabah atau beras oleh Bulog Sub Drive Aceh Tengah guna mempertinggi stok pangan dan bertugas mengawal untuk mempermudah penyerapan gabah atau beras petani serta agar petani atau pihak lain berkoordinasi dengan Posko Sergab atau Babinsa untuk menjual gabah atau berasnya kepada Bulog. Petani tidak perlu takut dengan persyaratan yang diberikan oleh Bulog terkait dengan kadar air gabah dan sebagainya karena gabah atau beras diluar kualitas harus diterima Bulog, hal itu untuk mengantisipasi kondisi pertanian dengan cuara ekstrem dan hasil panen petani kemungkinan ada yang mengalami kerusakan.

"Ini adalah tugas kita semua agar cadangan beras nasional terpenuhi. Maka kita terus berupaya mengingatkan seluruh mitra agar tugas dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dengan kesadaran tugas masing-masing maka target bisa tercapai. Mari kita sukseskan swasembada pangan ini untuk kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia," tandas Dandim.[rgu]





BERITA LAINNYA