HOME ยป EKONOMI
EKONOMI
Minggu, 12 Maret 2017 , 07:01:00 WIB

Geliat Pembangunan Sumut Curi Perhatian Investor Jepang

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menghadiri resepsi perpisahan dengan Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Medan MR Hirofumi Morikawa di Rosewood Room Grand Aston City Hall Medan, Jumat (10/03) malam.

Dalam kesempatan itu Gubsu Erry, atas nama Pemprovsu mengucapkan selamat atas prestasi dan pengabdian Hirofumi Morikawa yang bertegus di Medan lebih kurang dua tahun. Segala prestasi, kepedulian dan pengabdian tersebut sangat bermakna dan merupakan salah satu pilar utama dalam menciptakan kondisi yang harmonis dan penuh keakraban antara Pemprovsu dan Jepang.

"Sayonara....Selamat atas prestasi dan pengabdian MR Hirofumi Morikawa. Cukup banyak terobosan yang telah dilakukan beliau dalam mempererat hubungan kerjasama antara Provinsi Sumut dengan pemerintah Jepang," sebut Gubsu.

Hadir dalam acara ini, Konjen Jepang MR Hirofumi Morikawa, Konjen Cina Zhu Honghai, Konjen Amerika Juha P Salin, Konsul Jerman Liliek Darmadi, Konsul Belanda Ony Hindra Kusuma, Konsul France Oliver Tichit, Konsul Denmark Chaidir Kusuma, Walikota Medan Dzumi Eldin, dan Ketua Medan Japan Club MR Hiroomi Homma.

Dalam kesehariannya, lanjut Gubsu Hirofumi Morikawa tidak pernah merasa sebagai orang asing dalam kehidupan sosial di daerah ini. Baik secara formal maupun informal Hirofumi dikenal cukup aktif mengembangkan hubungan baik dengan pemerintahan daerah.

Pemprovsu, lanjut Gubsu mengapresiasi keberadaan Konsul Jepang yang telah membantu mempererat hubungan pemerintah Indonesia dan jepang, khususnya Sumut yang sudah terjalin selama ini. Hubungan ini tidak hanya sebatas kerjasama saling menguntungkan namun juga menumbuhkan nilai-nilai kehidupan demokrasi dan hak asasi manusia.

Jepang juga telah berkontribusi banyak untuk Indonesia terkhusus Sumut di bidang teknologi, peningkatan mutu SDM yang merupakan hal utama yang diperlukan bagi investasi Indonesia. "Kami berharap ke depannya keberadaan Konsul Jepang mendukung Sumut untuk menjadi destinasi pariwisata internasional,"harap Gubsu.

Sebelumnya Konjen Jepang Hirofumi Morikawa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberi dukungan selama dua tahun dirinya menjabat Konjen di Medan. "Selama dua tahun ini saya dan istri benar-benar menikmati kehidupan di sini dengan sehat dan menyenangkan. Hal ini bisa terwujud berkat bantuan dan kerjasama dari bapak ibu sekalian. Untuk itu saya menyampaikan rasa terimakasih saya dari lubuk hati yang paling dalam,"ujar Hirofumi.

Hirofumi juga menyampaikan beberapa kesan yang sangat membekas dalam dirinya sejak datang ke Medan diantaranya banyaknya pecinta Jepang dan banyaknya pelajar yang mempelajari bahasa Jepang.  "Mereka benar-benar mengenal dan merasa dekat dengan Jepang. Saya sangat senang, karena kemanapun saya pergi saya merasa disambut dengan senyuman khas yang berasal dari Jepang," ujarnya.

Menurut Hirofumi Pemprovsu memiliki sumber potensi yang banyak untuk mengembangkan perekonomiannya. Apalagi saat ini infrastruktur seperti listrik, akses jalan, dan pelabuhan mulai bergerak maju dan mencuri perhatian para investor dari Jepang. "Saya pribadi berharap dengan tersedianya infrastruktur yang memadai di wilayah ini akan banyak perusahaan Jepang yang melakukan ekspansi bisnis di sini,"harap Hirofumi.[rgu]





BERITA LAINNYA