HOME ยป PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
Minggu, 12 Maret 2017 , 12:37:00 WIB

Dari 264 PTS Di Sumut, Hanya 20 Miliki Akreditasi

Laporan: Robedo Gusti





MBC. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi berharap seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara agar dapat menciptakan generasi penerus yang unggul, inovatif dan kompetitif.

"Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita sangat diperlukan seiring dengan adanya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut persaingan antar negara," ujar Gubsu Erry  saat menghadiri pelantikan pengurus Asosias Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah I Sumut Periode 2016-2020 di Grand Mercure Hotel Medan, Kamis (09/03/2017) malam.

Menurut Erry,  keadaan inilah yang menjadi tugas berat para anggota APTISI. Jangan sampai SDM kita menjadi penonton di negeri sendiri.

Gubsu Erry menyebutkan, saat ini di Sumatera Utara memiliki 264 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan 8.688 dosen dan 350.000 mahasiswa. Hal ini membuat Sumatera Utara (Sumut) masuk dalam peringkat ke-4 daerah yang memiliki PTS terbanyak di Indonesia. Namun sayangnya menurut Gubsu dari 264 PTS, hanya 20 PTS saja yang institusinya memiliki akreditasi.

"Kondisi ini tentu harus lebih mendapat perhatian dari kita bersama. Dengan kondisi jumlah mahasiswa yang besar tentunya merupakan potensi untuk membawa Provinsi Sumut menuju provinsi yang memiliki daya saing untuk membangun masyarakat yang sejahtera," terang Gubsu.

Hadir Ketua Umum APTISI Pusat Dr. Ir. H. M. Budi Djatmiko MSi, MEi, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Ketua Umum APTISI Wilayah I Sumut Bahdin Nur Tanjung SE, MM, Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, para ketua yayasan, direktur, rektor dan dosen PTS se-Sumut dan undangan.

Sementara, Ketua Umum APTISI Pusat Budi Djatmiko menyampaikan harapannya kepada jajaran pengurus harian APTISI periode 2016-2020.

"Saya atas nama pimpinan APTISI mengucapkan selamat kepada pengurus APTISI Sumut. Saya berharap sekali kepengurusan ini dapat berkomitmen untuk melakukan tugas dengan baik. Perguruan Tinggi bapak ibu harus menjadi contoh dan meningkatkan mutu pendidikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum APTISI Wilayah I Sumut Bahdin Nur Tanjung SE, MM berharap adanya dukungan dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dan stakeholder lainnya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dan memajukan APTISI, khususnya dalam rangka, menghasilkan generasi muda yang berkualitas menuju era MEA.[rgu]





BERITA LAINNYA