HOME » BUDAYA
BUDAYA
Rabu, 31 Mei 2017 , 10:23:00 WIB

"Pakat" Si Batang Rotan Selalu Jadi Menu Spesial Berbuka Puasa di Sumatera Utara

Laporan: Putra





MBC. Berbagai jenis hidangan makanan serta menu Takjil di bulan suci Ramadhan setiap tahunnya selalu di penuhi berbagai kreasi baru ataupun lama, serta cita rasa yang beragam.

Begitu juga dengan menu makan yang satu ini. "Pakat Rotan" makanan khas suku Mandailing ini banyak di gemari para masyarakat, khususnya warga Binjai.

Sesuai dengan namanya, Pakat Rotan ini adalah rotan muda yang di bakar hingga menjadi lembek, dan di ambil bagian dalamnya untuk dikonsumsi dengan nasi sebagai lalapan.

Seperti yang telah di lakukan oleh Asmiary, seorang warga Binjai yang sudah selama 8 tahun ini berdagang Pakat Rotan di jalan T Amir Hamzah, Kota Binjai, tepatnya di samping Taman PGRI Kota Binjai. Dirinya mengatakan bahwa berjualan Pakat Rotan ini sangat menjanjikan hasilnya karena banyak di minati oleh warga Binjai.

"Alhamdulillah, setiap hari saya berjualan Pakat mulai pagi hari. Biasanya setiap hari kami bisa menjual Pakat rotan dari 250 sampai 300 Batang perhari," ungkapnya.

Asmiary juga mengatakan, untuk Pakat Rotan ini sendiri dijual dengan harga bervariasi, dari harga 10 ribu pertiga batang untuk ukuran yang besar, dan empat Batang untuk ukuran kecil dengan panjang 60 cm.

Sementara itu, H Juraidah Mustafa, salah seorang penggemar Pakat Rotan mengaku sangat menunggu kehadiran pedagang Pakat Rotan ini setiap harinya.

"Saya setiap harinya​ pasti mengkonsumsi Pakat Rotan ini. Menurut saya, ini bagus untuk kesehatan kita juga selama berpuasa, karena ini bisa menggantikan cairan dalam tubuh kita," ujarnya.

"Kalau di Binjai yang saya tau hanya di sini yang ada, dan itu pun cuma di bulan puasa aja ada di jual, jadi ini macam makanan yang di rindu rindukan setiap tahunnya," sambungnya.[rgu]





BERITA LAINNYA