HOME ยป EKONOMI
EKONOMI
Jum'at, 07 Juli 2017 , 11:13:00 WIB

Cara Sehat Mengembalikan Kondisi Keuangan Pasca Lebaran







BAGAIMANA kondisi keuangan Anda pasca Lebaran? Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi menjelang dan ketika Lebaran seringkali menghabiskan dana yang cukup banyak sehingga menyebabkan kondisi keuangan pasca Lebaran menjadi cukup sulit.

Bagaimana mengembalikan kondisi keuangan pasca Lebaran dengan cara yang sehat? Melalui artikel ini, Finansialku akan membahas cara sehat mengembalikan kondisi keuangan Anda pasca Lebaran.
 
Momen Lebaran
Momen Lebaran tentu saja merupakan momen yang membahagiakan dan sangat dinantikan. Selain berkumpul bersama seluruh keluarga besar, pada umumnya, Lebaran juga menjadi momen untuk menikmati liburan di kampung halaman bersama keluarga. Demi menikmati momen itu, tentu saja ada biaya yang tidak sedikit yang telah Anda keluarkan, baik untuk persiapan mudik, oleh-oleh, atau dana untuk dibagikan dengan kerabat di hari raya. Seringkali, biaya yang tidak sedikit itu diperoleh dengan menggunakan dana darurat atau bahkan berutang.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setelah masa Lebaran, kondisi keuangan akan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita mulai merapikan kembali kondisi keuangan pasca Lebaran dengan membayar utang yang dipinjam atau mengisi kembali tabungan dan dana darurat yang telah terpakai, agar kondisi keuangan pasca Lebaran menjadi sehat kembali.

 
#1 Tinjau Ulang Pengeluaran Anda Selama Lebaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan peninjauan kembali atas pengeluaran yang Anda lakukan selama mempersiapkan Lebaran dan selama Lebaran. Dengan melakukan peninjauan kembali, Anda dapat mengetahui di pos mana Anda menghabiskan dana paling banyak. Hal ini berguna sebagai bahan evaluasi sehingga Anda tidak mengalami kesulitan finansial yang sama pasca Lebaran pada tahun berikutnya.

Di samping itu, melakukan peninjauan kembali atas pengeluaran yang Anda lakukan selama Lebaran juga dapat membantu Anda mengetahui pos mana yang banyak Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran sehingga Anda dapat mengisi kembali kekosongan pada pos tersebut.

 #2 Atur Ulang Rincian Pengeluaran Anda

Setelah meninjau ulang pengeluaran Anda selama Lebaran, Anda dapat melakukan pengaturan ulang rincian pengeluaran Anda untuk hari-hari selanjutnya. Menyusun skala prioritas merupakan hal yang akan sangat membantu dalam menekan pengeluaran Anda pasca Lebaran. Buat daftar kebutuhan yang sangat Anda perlukan serta terapkan penghematan terhadap hal-hal yang dapat Anda kurangi.

Cobalah melakukan rencana penghematan di pos-pos yang Anda rasa tidak terlalu penting. Misalnya saja jika Anda memiliki TV berlangganan yang jarang Anda gunakan, Anda dapat menghentikannya dulu selama beberapa waktu untuk menstabilkan kondisi keuangan Anda.

Cara lainnya adalah mengurangi biaya paket data dan pulsa telepon genggam menjadi paket yang lebih ekonomis. Anda juga dapat melakukan pembatasan terhadap kebutuhan harian Anda. Tahan sejenak keinginan Anda untuk makan di luar atau kegiatan lainnya yang dapat menghamburkan uang seperti window shopping di pusat perbelanjaan dan hangoutbersama teman. Jika Anda bekerja, Anda dapat membawa makanan dari rumah sebagai bekal makan siang agar tidak perlu membeli makanan di luar. Anda juga dapat mengganti kegiatan akhir pekan Anda dengan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah. Misalnya dengan menonton DVD, membuat kreasi menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai, atau membangun quality time bersama keluarga.

 #3 Isi Kembali Tabungan Anda

Kebutuhan dan godaan selama Lebaran yang tinggi seringkali menghabiskan dana tabungan yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda perlu mulai mengisi kembali dana tabungan Anda yang mulai menipis. Memangkas anggaran dan biaya yang tidak terlalu dibutuhkan diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memulihkan dana tabungan Anda. Namun, agar terhindar dari godaan menghabiskan uang, sebaiknya Anda menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu dan tidak menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung.
 
#4 Lunasi Utang Anda
Apabila Anda menggunakan kartu kredit atau berutang kepada seseorang dalam mempersiapkan Lebaran, segera lakukan pembayaran kartu kredit dan utang Anda. Utang yang dibiarkan berlarut akan semakin menumpuk dan dapat menyulitkan Anda di masa depan.

Namun, jangan gunakan seluruh uang yang Anda miliki untuk membayar utang. Seimbangkan pembayaran utang Anda dengan kebutuhan pokok yang harus Anda penuhi. Lakukan pembayaran utang Anda secara konsisten, sehingga kondisi keuangan pasca Lebaran Anda dapat segera pulih.

 
#5 Isi Kembali Dana Darurat Anda 
Dana darurat dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang tidak dapat diprediksi, termasuk libur Lebaran bersama keluarga. Apabila kebutuhan Lebaran Anda menghabiskan atau menggunakan dana Lebaran yang Anda miliki, ada baiknya Anda mulai mengisi pos dana darurat Anda lagi agar dapat membantu menghadapi kesulitan finansial di masa depan. Lakukan pengisian pos dana darurat sesuai dengan kemampuan Anda.
 
Perbaikan Keuangan Pasca Lebaran
Setelah hari raya Lebaran selesai, Anda perlu mengecek dan membenahi setiap keuangan yang ada selama Lebaran. Lakukan pengecekan rutin dan selesaikan masalah keuangan Anda jika ternyata Anda memiliki masalah keuangan setelah Lebaran.



www.Finansialku.com


 





BERITA LAINNYA